KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“BISNIS MAKANAN”
Disusun oleh :
Nama :
Aji Rizky Fauzan
NIM :
16.11.0206
Jurusan : S1 Informatika
UNIVERSITAS AMIKOM
YOGYAKARTA
2016/2017
I. ABSTRAK
Makanan, merupakan hal yang sangat penting bagi
kehidupan, tanpa makan kita pasti akan sakit atau bahkan meninggal. Seperti yang
dikatakan pepatah jawa yakni, sandang, pangan, papan (pakaian, makanan, tempat
tinggal). Oleh sebab itu berbisnis dengan berdasar 3 hal tersebut tentunya
sangat menjanjikan. Apalagi rumah makan yang mempunyai ciri khas/unik, pasti
akan selalu ramai oleh pemburu makanan.
Usaha makanan ini bisa
dijalankan dengan beberapa kelas yaitu dari pedagang kaki lima seperti
menyajikan aneka snack dan jajanan ringan atau malah minuman dan segala macam
es warung tenda, cafe, rumah makan, hingga restoran.
II.
ISI
Melihat
dari keuntungan yang dihasilkan, berbisnis sukses dengan sajian makanan ini
cukup menjanjikan karena pada umumnya keuntungan yang dihasilkan dari bisnis
usaha makanan ini besar. Sebut saja beberapa nama seperti, McDonald, KFC, JCO dan
aneka surga makanan lainnya. Memang jika bisnis makanan kita sudah terkenal atau
istilah jawanya “njeneng” akan lebih mudah meraup keuntungan, tapi juga harus
tetap kreatif agar pelanggan tidak bosan dengan makanan atau tempat anda
berjualan.
Jika
anda ingin membuka bisnis makanan cermati beberapa tips yang pasti akan membuat
anda lebih mudah dalam memulai dan menjalankan bisnis.
A.
BASIC NEEDS
1. Parking Lot Area (Area
Parkir)
2. Placement (Tempat Bisnis)
3. Design Place (Tata Ruang)
4. Price (Harga)
5. Service (Pelayanan)
B.
ADDITIONAL NEEDS
-
Selalu sediakan toilet, wastafel, tisu, tusuk gigi, asbak, sabun cuci tangan di
usaha makananAnda
-
Pastikan bahwa tisu yang ada di meja makan adalah tisu khusus makan, dan jangan
pernah menggunakan tisu toilet atau tisu kecantikan
-
Pilih sabun cair ketimbang sabun batangan yang membuat pengunjung malah tak
nyaman
-
Selalu bersihkan meja makan setelah konsumen pergi, dan jangan biarkan meja
makan berantakan terlalu lama. Namun, perlu dicermati juga, bersihkan meja
makan setelah konsumen benar-benar selesai dengan menunya.
C.
ADVERTISING NEEDS
- Promosi
yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari
“mulut ke mulut” hingga berbagai media, baik cetak (banner, koran, majalah,
flyer, poster, pamflet), atau elektronik (internet, TV, radio, SMS)
-
Pastikan di dalam iklan yang Anda sajikan, Anda memberikan informasi yang jelas
dan tidak menipu agar konsumen tidak kecewa
-
Buat promo menu makanan atau promo hari spesial agar menambah ketertarikan
pengunjung datang ke resto Anda
-
Keunikan suatu bisnis usaha makanan sangat diperlukan agar dapat menarik minat
para customer.
Keramahan,
kesabaran dan perhatian yang besar pada konsumen akan selalu menambah nilai
bonus yang sangat besar bagi Anda. Berikan senyum dan jangan lupa ucapkan
terima kasih.
Referensi:
Amikom.ac.id
http://peluangusaha.blogspot.com/2011/08/peluang-usaha-makanan.
M. Suyanto. 2004. Smart In
Interpeneur: 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang, Penerbit Andi Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar