Selasa, 21 Februari 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS "Bisnis Makanan"

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“BISNIS MAKANAN”






Disusun oleh :
Nama          : Aji Rizky Fauzan
NIM            : 16.11.0206
Jurusan       : S1 Informatika



UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017



I.          ABSTRAK
Makanan, merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, tanpa makan kita pasti akan sakit atau bahkan meninggal. Seperti yang dikatakan pepatah jawa yakni, sandang, pangan, papan (pakaian, makanan, tempat tinggal). Oleh sebab itu berbisnis dengan berdasar 3 hal tersebut tentunya sangat menjanjikan. Apalagi rumah makan yang mempunyai ciri khas/unik, pasti akan selalu ramai oleh pemburu makanan.
Usaha makanan ini bisa dijalankan dengan beberapa kelas yaitu dari pedagang kaki lima seperti menyajikan aneka snack dan jajanan ringan atau malah minuman dan segala macam es warung tenda, cafe, rumah makan, hingga restoran.

II.                ISI
Melihat dari keuntungan yang dihasilkan, berbisnis sukses dengan sajian makanan ini cukup menjanjikan karena pada umumnya keuntungan yang dihasilkan dari bisnis usaha makanan ini besar. Sebut saja beberapa nama seperti, McDonald, KFC, JCO dan aneka surga makanan lainnya. Memang jika bisnis makanan kita sudah terkenal atau istilah jawanya “njeneng” akan lebih mudah meraup keuntungan, tapi juga harus tetap kreatif agar pelanggan tidak bosan dengan makanan atau tempat anda berjualan.
Jika anda ingin membuka bisnis makanan cermati beberapa tips yang pasti akan membuat anda lebih mudah dalam memulai dan menjalankan bisnis.


A.     BASIC NEEDS
1. Parking Lot Area (Area Parkir)
2. Placement (Tempat Bisnis)
3. Design Place (Tata Ruang)
4. Price (Harga)
5. Service (Pelayanan)



B.     ADDITIONAL NEEDS

- Selalu sediakan toilet, wastafel, tisu, tusuk gigi, asbak, sabun cuci tangan di usaha makananAnda
- Pastikan bahwa tisu yang ada di meja makan adalah tisu khusus makan, dan jangan pernah menggunakan tisu toilet atau tisu kecantikan
- Pilih sabun cair ketimbang sabun batangan yang membuat pengunjung malah tak nyaman
- Selalu bersihkan meja makan setelah konsumen pergi, dan jangan biarkan meja makan berantakan terlalu lama. Namun, perlu dicermati juga, bersihkan meja makan setelah konsumen benar-benar selesai dengan menunya.

C.     ADVERTISING NEEDS
- Promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut” hingga berbagai media, baik cetak (banner, koran, majalah, flyer, poster, pamflet), atau elektronik (internet, TV, radio, SMS)
- Pastikan di dalam iklan yang Anda sajikan, Anda memberikan informasi yang jelas dan tidak menipu agar konsumen tidak kecewa
- Buat promo menu makanan atau promo hari spesial agar menambah ketertarikan pengunjung datang ke resto Anda
- Keunikan suatu bisnis usaha makanan sangat diperlukan agar dapat menarik minat para customer.

Keramahan, kesabaran dan perhatian yang besar pada konsumen akan selalu menambah nilai bonus yang sangat besar bagi Anda. Berikan senyum dan jangan lupa ucapkan terima kasih.



Referensi:
Amikom.ac.id
http://peluangusaha.blogspot.com/2011/08/peluang-usaha-makanan.
M. Suyanto. 2004. Smart In Interpeneur: 11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang, Penerbit Andi Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar